4 Agustus 2022 | Kegiatan Statistik
Pariwisata merupakan suatu kegiatan bepergian yang dilakukan seseorang untuk sementara waktu dari suatu tempat asal ke tempat yang lain (daerah tujuan wisata), sematamata untuk menikmati kegiatan pertamasyaan atau rekreasi dalam rangka memenuhi keinginan yang beraneka ragam. Kegiatan tersebut melibatkan berbagai industri pariwisata yang mempunyai kaitan erat seperti transportasi, jasa akomodasi/penginapan, restoran, pemandu wisata, dan lain-lain. Industri-industri pariwisata ini memegang peranan yang sangat penting dalam pengembangan pariwisata.
Dalam menjalankan perannya, industri pariwisata harus menerapkan konsep dan peraturan serta panduan yang berlaku dalam pengembangan pariwisata agar mampu mempertahankan dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang nantinya bermuara pada pemberian manfaat ekonomi bagi industri pariwisata dan masyarakat lokal. Industri-industri pariwisata yang sangat berperan dalam pengembangan pariwisata diantaranya adalah usaha jasa akomodasi atau industri perhotelan. Sehingga pengembangan industri kepariwisataan khususnya industri jasa akomodasi/ perhotelan semakin penting, tidak sematamata hanya untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan, tetapi juga untuk dampak ekonomi yang ditimbulkan seperti meningkatkan pendapatan, memperluas kesempatan kerja, dan kesempatan berusaha.
Fungsi utama dari hotel adalah sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan tamu (wisatawan atau pelancong) sebagai tempat tinggal sementara. Pada umumnya kebutuhan utama para tamu dalam hotel adalah istirahat, tidur, mandi, makan, minum, hiburan dan lain-lain. Namun dengan perkembangan dan kemajuan hotel sekarang ini, fungsi hotel bukan saja sebagai tempat menginap atau istirahat bagi para tamu, namun fungsinya bertambah sebagai tujuan konferensi, seminar, lokakarya, musyawarah nasional dan kegiatan semacam itu yang tentunya membutuhkan sarana dan prasarana yang lengkap. Dengan demikian fungsi hotel sebagai suatu sarana komersial berfungsi bukan hanya untuk menginap, beristirahat, makan dan minum tetapi juga sebagai tempat melangsungkan berbagai macam kegiatan sesuai dengan tujuan pendirian hotel tersebut.
Berdasarkan uraian tersebut, maka dianggap penting untuk melakukan pengumpulan data dan informasi mengenai perusahaan/usaha jasa akomodasi. Pengumpulan data statistik hotel dan akomodasi ini dilakukan secara rutin setiap tahun. Nama dan alamat hotel diperoleh dari hasil pendataan lapangan tahun sebelumnya. Sehingga untuk pelaksanaan tahun 2022, daftar nama dan alamat hotel menjadi semakin lengkap.
Dengan bertempat di aula BPS Kabupaten Boyolali, telah dilakukan briefing petugas VHTL. Kegiatan yang dilakukan pada hari Kamis tanggal 4 Agustus 2022 ini melibatkan sebanyak 14 orang petugas pencacah dan 3 orang petugas pengawas yang semuanya dari organik BPS Kabupaten Boyolali. Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini adalah mendapatkan karakteristik spesifik (profil) kegiatan usaha/perusahaan akomodasi; mendapatkan gambaran karakteristik tenaga kerja kegiatan usaha/perusahaan akomodasi; mendapatkan gambaran struktur pendapatan dan biaya/pengeluaran serta penambahan dan pengurangan barang modal; mendapatkan data bahan baku yang digunakan oleh usaha akomodasi; dan mendapatkan data/informasi jumlah tamu usaha akomodasi dan keterkaitannya dengan kepemilikan modal dan lingkungan.
Berita Terkait
BRIEFING PETUGAS SURVEI PAW
Briefing Petugas Survei Khusus Tahunan Neraca Tahun 2022
BRIEFING PETUGAS SURVEI POLDIS, VDTW DAN VREST
Briefing dan Evaluasi Petugas Survei Harga Kemahalan Konstruksi Tahun 2022-2023
Briefing Survei Konstruksi Tahun 2024
Briefing petugas Survei Updating Direktori Transportasi dan Pergudangan
Badan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik Kabupaten Boyolali (Statistics of Boyolali Regency)Jl. Raya Boyolali-Solo Km. 2 Mojosongo Boyolali Jawa Tengah 57322
Telp (62-276) 323772
Faks (62-276) 321061
Mailbox : bps3309@bps.go.id
Tentang Kami